Jelang Assesmen Geopark, Wabup Nilwan Yahya Pantau Rumah Tuo Merangin – Jelang dilakukannya

Wabup Nilwan Yahya di perkampungan rumah tuo.

Merangin – Jelang dilakukannya assesmen Geopark Merangin-Jambi oleh tim evaluator Unesco Global Geopark (UGG) pada 06 -11 Oktober 2022 mendatang, Wabup Merangin Nilwan Yahya bersama rombongan, memantau kondisi Rumah Tuo, Minggu (02/10/2022).

Wabup didampingi Geologist Geopark Merangin-Jambi Magdalena Ritonga MT dan Malla Indra dari Badan Pengelola Geopark Merangin-Jambi bersama GM Geopark Merangin-Jambi Dr Agus serta Kadis Kominfo M Arief, mengamati kondisi Rumah Tuo itu.

Bacaan Lainnya

Tidak hanya kebersihan perkarangan Perkampungan Rumah Tuo yang menjadi perhatian wabup, tapi juga potensi budaya yang akan ditampilkan ketika dilakukan assesmen oleh tim Unesco.

‘’Perkampungan Rumah Tuo ini bagian dari Geopark Merangin, sehingga juga tidak luput dari kunjungan tim evaluator UGG untuk diassesmen. Kita juga sudah sediakan tempat sampah di jalan masuk ke Perkampungan Tuo ini,’’ujar Wabup.

Dijelaskan wabup, masuknya Rumah Tuo Rantau Panjang bagian dari Geopark Merangin-Jambi karena perkampungan tua tersebut, mempertahankan  bangunan-bangunan tua yang dibangun sekitar 300 – 400 tahun lalu.

‘’Disebut demikian karena masih ada bangunan rumah tua yang didirikan pada tahun 1330 di perkampungan ini dan kondisinya masih bertahan hingga sekarang,’’ujar Wabup dibenarkan Dr Agus.

Warga yang menempati Perkampungan Tuo itu sekarang merupakan keturunan yang ke-14 penerus penduduk Rumah Tuo tersebut. Mereka merupakan orang Batin Lamo, penduduk di Desa Rantau Panjang tersebut merupakan Suku Batin.

Luas perkampungan ini lebih kurang empat hektar, terdapat 40 – 70 rumah yang masih berdiri kokoh. Selain mempertahankan Rumah Tuo, masyarakat juga mempertahankan dan menjalankan tradisinya Bantai Adat, Silat Penyudon dan Budaya Berselang.

Sebelum mengunjungi Rumah Tuo, wabup bersama rombongan meninjau Pasar Rantau Panjang yang memang digelar setiap hari Minggu. Dipasar tradisional itu, Nilwan membeli tikar dan berbagai barang-barang tradisional suku Batin.

Sedangkan GM Geopark Merangin-Jambi membeli Ambung (Keranjang untuk membawa belanjaan), makanan khas warga Rantau Panjang Gulai Belut dan sejumlah kuliner lainnya.

Pasar yang lokasinya tidak jauh dari Perkampungan Rumah Tuo  itu, kondisinya sangat ramai pedagang dan pembeli. Di Pasar itu tidak hanya menjual barang-barang tradisional kebutuhan rumah tangga, tapi juga barang-barang rumah tangga modern lainnya.(Edo)

JAMBI SERU NEWS NETWORK

Portal Jambi Seru : 1. Sepak Bola / Football - 2. Selebriti / Celebrity - 3. Lirik Lagu / Song Lyrics - 4. Film / Movie - 5. Teknologi / Technology - 6. Batanghari - 7. Merangin - 8. Muaro Jambi - 9. Tungkal  10. Tebo - 11. Kerinci - Sungai Penuh Network : 1. Jambi - 2. Jambi Flash  - 3. Koran Jambi - 4. Angso Duo - 5. Thehok 6. Seru TV7.

Pos terkait